Pages

Saturday 10 November 2012

Penyebab Datangnya Rasa Ngantuk beserta Tips untuk Mengatasinya.



 Apa yang ada di pikiran anda bila mendengar kata “Hoaaaammmm?”  Benar, itu tanda-tanda mengantuk. Tentunya hal ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Setiap manusia pasti pernah mengalaminya, mulai dari muda hingga tua, mulai dari balita hingga dewasa. Mengantuk adalah rasa hendak tidur. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari kita tak kan pernah luput dari rasa kantuk. Rasa ini datang di mana saja dan kapan saja. Akan tetapi rasa kantuk itu bisa menjadi masalah besar jika rasa kantuk itu datang bukan pada waktu yang tepat. Misalnya pada saat kita belajar di kelas dan rasa kantuk itu datang. Belajar jadi tidak fokus. Disamping itu  konsentrasi belajar kita menjadi buyar.

     
Tak usah jauh-jauh aku saja sebagai contohnya. Aku mahasiswa Semester I. Aku memulai aktivitasku mulai dari jam 4 pagi hingga jam 11 malam. Ketika fajar menyingsing, aku terbagun dari tempat pembaringanku lalu mengambil wudhu untuk menjalankan sholat shubuh berjamaah. Setelah itu kegiatannya bukan tidur melainkan kegiatan asrama sepert membaca AL-Qur’an dan membaca kitab-kitab lainnya. Aku memiliki 2 peran sebagai mahasiswa dan mahasantri. Beban yang ku pikul sangatlah berat, namun aku ikhlas menjalaninya karena Allah Ta’ala.

Kuliah di mulai jam 9 pagi hingga jam 8 malam. Rasa kantuk, lelah, pusing, malas melebur menjadi satu. Rasanya melangkahkan kaki antara satu dengan lainnya sangatlah berat. Beginilah cobaan kita dalam menuntut ilmu. Namun kita harus punya motivasi dari dalam dan niat yang kuat dalam menuntut ilmu.

Ketika dosen menerangkan, hampir sebagian teman-teman mengantuk namun tidak ada yang berani tidur karena takut kena sanksi. Menurutku dosen memiliki 2 karakter yang berbeda yakni dosen killer dan dosen kasih sayang. Apa itu dosen killer? dan apa pula dosen kasih sayang? Mari kita ulas secara detail.

1.      Dosen killer. Bila diartikan menurut istilah artinya dosen pembunuh. Yang di maksud bukan membunuh orang, melainkan dosen yang selalu memperhatikan semua gerak-gerik mahasiswanya. “Saudara yang mengantuk, tolong kerjakan soal ini di depan”. ujar sang dosen. Kita pun terkejut dan deg-degan dengan keadaan seperti itu. Rasanya ingin melihat jam terus dan mengucapkan dalam hati “lama banget, kapan selesainya?” Hahaha..
2.      Dosen kasih sayang. Mendengarnya saja sudah tenang. Dosen ini memberi kebebasan kepada mahasiswanya. “Ngantuk itu rahmat, bagi yang mau tidur silahkan, bagi yang mau belajar juga silahkan. Bila ingin mendapatkan nilai A/B silahkan, bila ingin mendapatkan nilai C juga silahkan”. Ujar sang dosen. Untuk mendapatkan nilai bagus, kita harus aktif tentunya.

Obat ngantuk paling ampuh yakni tidur. Tapi apakah kita harus begitu terus?, kita harus melakukan perubahan. Nah sekarang aku akan membahas tentang hal-hal yang mengenai  rasa kantuk.
Ø  Faktor yang menyebabkan kita mengantuk di dalam kelas ketika sedang belajar:
1.      Kurangnya jam tidur saat malam hari dengan berbagai kegiatan.
2.      Kurangnya energi dalam tubuh seperti sehabis berolah raga atau bagi seseorang yang sedang berpuasa.
3.      Karena sakit, saat sakit kondisi tubuh tidak mendukung untuk proses belajar di dalam kelas.
4.      Merasa jenuh dan tidak menyukai mata pelajaran tertentu.
5.      Kurang aktif dalam mengikuti palajaran, seperti bertanya, melakukan debat, maupun berfikir.
6.      Keadaan yang terkondisi  dan kebiasaan.
7.      Suara  dosen/guru yang terlalu halus dalam menyampaikan palajaran dan tata cara mengajar yang dirasa membosakan
Ø  Cara mengantisipasi agar tidak mengantuk.
Untuk mengantisipasi agar tidak mengantuk dalam mengikuti palajaran adalah dengan menghindari faktor-faktor yang disebutkan tadi, terutama yang berasal dari dalam diri(individual) itu sendiri seperti, makan yang cukup agar tersedia energi yang cukup untuk belajar.
Apabila berpuasa, malamnya harus cukup makan sehingga ketika mengikuti pelajaran dapat mengikuti dengan aktif dan jauh dari rasa jenuh.

Ø  Upaya mengurangi rasa ngantuk di kelas
1.      Jangan tidur terlalu malam. Usahakan tidur malam jangan melewati jam 22.00 dan jangan terlalu awal.
2.      Sebelum berangkat kuliah, minum secangkir kopi hangat dan siapkan beberapa permen.
3.      Jangan terlalu banyak membuang tenaga pada saat waktunya istirahat, misalkan bermain bola atau kegiatan lainnya sehingga energi tidak banyak terkuras.
4.      Konsentrasi penuh pada saat pelajaran berlangsung meskipun pelajaran tersebut kurang diminati.
5.      Usahakan bertanya pada guru yang sedang memberikan pelajaran, karena dengan bertanya tentu akan berkonsentrasi penuh dan penyerapan materi pelajaran lebih hangat dan ringan di ingat lebih lama.
6.      Mencuci muka ke belakang dan sekalian menghirup udara segar sehingga suasana akan segar kembali.
7.      Meregangkan otot. Kegiatan ini cukup dilakukan di bangku saja. Tarik tanganmu ke atas dan ke samping kiri dan kanan. Regangkan otot lehermu.

Aku sudah memberikan tips-tipsnya kepada teman-teman, dan semua kembali kepada individu masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat !!!

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogger templates

Visitors Statistic